Daerah Kaltim Diskominfo Kutai Timur Kutai Timur 

Dinkes Kutim Gelar Pertemuan Promkes Tingkatkan SDM Berkinerja

lensapostkaltim.com,COM.KUTAI TIMUR – Baru saja Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menggelar rapat pertemuan dengan petugas promosi kesehatan dalam rangka evaluasi indikator kinerja Promkes 2022, diikuti Puskesmas se – Kabupaten Kutai Timur.

Terkait akan hal itu, Kamis (24/11) 2022 media mewawancarai Kepala Dinas Kesehatan Kutim dr Bahrani Hasanal terkait seputar rapat pertemuan yang dimaksud. “Dengan digelarnya pertemuan sekaligus merupakan evaluasi program promkes yang diharapkan mampu mengupdate informasi kebijakan pemerintah terkait pelayanan promosi kesehatan, termasuk mengenai jabatan fungsional promkes dan ilmu perilaku,” terang Kadis Kesehatan Kutim.

kegiatan ini berupa sharing informasi terkini mengenai Kebijakan Nasional Penyelenggaraan Promosi Kesehatan, juga evaluasi pencapaian indikator pelayanan promosi kesehatan di Kabupaten Kutai Barat 2022, serta menyusun rencana tindak lanjut dan rencana kegiatan 2023.

Menurutnya, pemerintah telah menetapkan visi Masyarakat Sehat yang Mandiri dan Berkeadilan. Untuk mencapainya, sangat diperlukan upaya promosi kesehatan (promkes) melalui Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Petugas promosi kesehatan menjadi elemen penting dari kampanye gerakan kesehatan, diharapkan memberikan informasi pada tingkatan yang lebih lanjut sehingga memacu kesadaran masyarakat.

Tugas penting lain dari promosi kesehatan adalah menjadi pembimbing dan pengendali teknis. Promosi ini dapat berupa kegiatan lintas program, lintas sektoral maupun melibatkan berbagai elemen masyarakat, instansi pemerintah maupun swasta.

Secara khusus Kadiskes juga berharap peserta aktif berkomunikasi dalam diskusi dan dapat menyelesaikan pertemuan sesuai jadwal. Selain itu, petugas promkes akan lebih aktif melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai mekanisme sehingga tidak terjadi keterlambatan data, kekosongan data serta adanya peningkatan cakupan kegiatan.(adv/Diskominfo Perstik Kutim/dy)

Related posts

Leave a Comment