Daerah Kaltim Dprd Kutai Timur Kutai Timur 

DPRD Kutim Kidang Tindak Tegas Pembuang Limbah Sawit Picu Air Sungai Terkontaminasi Ikan Keracunan

lensapostkaltim.com,- Kutai Timur – Warga RT 1 Desa Tepian Langsat Kecamatan Bengalon gempar diselimuti keresahan meluas tak kala Sabtu (30/7) 2022 mendapati ribuan ikan sungai keracuan limbah.

Tak sedikit warga mengadukan akan permasalahan tersebut kepada anggota DPRD Kutim Masdari Kidang. “Saya bersama warga yakin ikan – ikan bermatian dipastikan 90 persen dari limbah sawit,” terang anggota dewan.

Masdari Kidang Anggota Dewan dari parpol Partai Berkary

Anggota Dewan dari parpol Partai Berkarya (Beringin Karya) Kutim menegaskan limbah yang mencemari kandungan aliran air sungai hingga berita ini diturunkan kian meluas hingga ke Muara Bengalon bukanlah limbah tambang batu bara. “Warga sudah mengkroscek mengunakan perahu ketiting ces di area terdapat batu bara hasilnya ikan di sekitar tidak ada yang mati,” terang Masdari Kidang.

“Namun kami belum mengetahui dari mana asal limbah sawit, makanya dewan akan segera turun melakukan sidak,” jelasnya lagi.

Bahkan sejak terinformasikan adanya pencemaran limbah pada aliran bantaran sungai telah diambil sampel untuk diuji pada lab. “Tentunya jika air sudah tercemar limbah tidak hanya membahayakan satwa ikan terlebih manusia karena air terkontaminasi racun mengakibatkan nyawa melayang,” ucap Kidang.

Dalam hal ini Dewan Kidang mewakili masyarakat berharap Pemerintah Kabupaten Kutim baik melalui Bupati Drs H Ardiansyah Sulaiman, M.Si, Wabup Dr H Kasmidi Bulang, MM bersama OPD Badan Lingkungan Hidup, BKSDA dapat mengambil langkah tegas menindaklanjuti dan memberikan sanksi tegas apabila mendapati dari mana sumber limbah sawit jika perusahaan segera dilacak.”Hal ini juga tengah diselidiki Polsek Bengalon, karena Kapolsek ada berkoordinasi juga,” tutup Kidang.(aji/rin)

Related posts

Leave a Comment