Polda Kaltim 

Gelar Konferensi Pers Akhir Tahun Poldakaltim Banyak Raih Prestasi Kemanusiaan Diterima Langsung Kapolda Kaltim

lensapostkaltim.com,- Balikpapan — Kepolisian Daerah Kalimantan Timur menggelar konferensi pers akhir tahun 2021 di Gedung Mahakam Polda Kaltim, Selasa (2/12/2021).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Wakapolda Kaltim Brigjen Pol. Drs. Hariyanto, S.H., M.Hum., didampingi Irwasda Polda Kaltim Kombes Pol. Jefri Yanus Endolemba Torunde, dan Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol. Yusuf Sutejo, S.I.K., M.T.

Selain itu, hadir para pejabat utama Polda Kaltim, pimpinan Redaksi dan para insan pers dari berbagai lembaga media cetak, media social, media eletronik Se-Kaltim.

Pada kesempatan itu, Wakapolda Kaltim mengucapkan terima kasih pada insan pers atas kerjasamanya dengan Polri khususnya Polda Kaltim. Ucapan terima kasih juga disampaikan Wakapolda pada semua stackholder yang membantu kinerja Polda Kaltim hingga dengan penanganan secara preventif tingkat kejahatan di Wilayah Hukum Kaltim dapat menurun.

Ditahun 2021, Polda Kaltim banyak melaksanakan operasi kemanusiaan dengan memberikan bantuan berupa bantuan sembako kepada keluarga yang terdampak covid-19 untuk meringakan beban saudara-saudara kita di tengah pandemi covid-19 saat ini.

Tidak hanya itu, upaya percepatan penanganan Covid-19 dilakukan Polda Kaltim dengan mengintensifkan vaksinasi di wilayah hukumnya. Gerak cepat vaksinasi Polda Kaltim kepada seluruh lapisan masyarakat ini kemudian diakui oleh berbagai pihak.

Berbagai prestasi juga banyak diukir oleh Polda Kaltim diantaranya, Museum Rekor Indonesia menganugerahi Polda Kaltim dengan rekor Vaksinasi Covid-19 kepada Siswa Terbanyak di Tingkat Provinsi dan Tingkat Polda, yakni sebanyak 21 ribu dosis. Gerakan Nasional Polisi Sahabat Anak juga memberikan penghargaan “Kak Seto Award 2021” kepada Kapolda Kaltim Irjen Pol. Drs. Herry Rudolf Nahak, M.Si., sebagai “Kapolda Sahabat Anak dalam Pelaksanaan Vaksinasi di Kalangan Pelajar secara Serentak di Provinsi Kalimantan Timur”.

Fokus penuh Polda Kaltim pada upaya penanganan Covid-19, tak membuatnya lupa pada tugas pokoknya. Pertama, urusan pemberantasan narkoba. Sepanjang tahun 2021, Polda Kaltim melalui Ditresnarkoba berhasil mengamankan 1.636 tersangka kasus narkoba, baik pengguna maupun pengedar.

Barang bukti yang terkumpul pun menyentuh angka yang fantastis. Barang haram sebanyak hampir 300 Kg sabu-sabu, 4 Kg ganja dan 24 ribu obat daftar G berhasil diamankan. Dari hasil pengungkapan Polda Kaltim tersebut setidaknya 1,5 Juta jiwa berhasil diselamatkan dari potensi penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.

Kedua, soal pemberantasan tindak kejahatan. Melalui Ditreskrimum, Polda Kaltim berhasil meringkus lima tersangka perampok lintas negara dan provinsi, yang pernah beraksi di salah satu perumahan elite di Balikpapan pada Agustus lalu. Lima pelaku yang semuanya ber-KTP Nusa Tenggara Barat ini juga sudah beroperasi di luar negeri, tepatnya Kuala Lumpur dan Johor Bahru, Malaysia. Aksi di Malaysia bahkan sudah berlangung sejak Mei 2014 silam hingga Januari 2018.

Berbagai aplikasi pelayanan masyarakat juga diluncurkan oleh Polda kaltim pada tahun 2021, diantaranya Aplikasi Lembuswana, Telabang Mandau, Pesut Mahakam, dan Quick Respon layanan 110.

Wakapolda Kaltim mengharapkan, program dan capaian yang sudah dilaksanakan Polda Kaltim sepanjang tahun 2021 mampu mendukung upaya membangun NKRI yang semakin maju, dengan masyarakat yang produktif, ekonomi yang terus tumbuh, dan wilayah yang selalu kondusif. (Sryt/lnspstkltm)

Related posts

Leave a Comment