Balikpapan Bank Indonesia (BI) 

Gelar Media Gatering Bank Indonesia (BI) Bersama Rekan Rekan Wartawan Balikpapan, Ajak Memperluas Aplikasi Bertranksaksi Menggunakan Qris

lensapostkaltim.com,- Balikpapan — Mempererat Silaturahmi Bank Indonesia (BI) Balikpapan menggelar Media Gathering dengan rekan – rekan Wartawan Balikpapan di Hotel Platinum, Sekaligus memperkenalkan metode baru dari aplikasi Qris (Quick Response Code Indonesian). (7/12/2021)

QRIS merupakan standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari BI untuk memfasilitasi pembayaran, agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, praktis dan aman , yang diluncurkan sejak 17 Agustus 2019.

Kepala Perwakilan BI Balikpapan “Darmadi Sudibyo” mengatakan, dengan adanya metode QRIS yang semakin banyak bisa memberikan satu pelayanan untuk masyarakat, agar lebih mudah bertransaksi dimana pun berada.

“Kalau bagi merchant itu sendiri akan membantu adanya kas management, karena mereka tidak perlu lagi harus menyiapkan uang tunai untuk kembalian. Serta terbebas dari uang palsu, dan pembayaran langsung masuk ke akun mereka masing – masing  seperti halnya transfer,” jelasnya.

Deputi Kepala Perwakilan BI Balikpapan Mahdi Abdillah menambahkan saat ini di Indonesia hingga November ini sudah 13 juta mercant QRIS ,Dari 6,7 juta mercant QRIS di 2021 kita dikasih target 12 juta tapi posisi November sudah 13 juta mercant QRIS”. ungkapnya.

Tiga wilayah yakni Balikpapan, Paser dan Penajam Paser Utara (PPU) wilayah Kerja BI Balikpapan saat ini sudah ada 84 ribu lebih mercant QRIS,” Ini juga sudah 121 persen dari target kita 69 ribu tapi kita bisa capai 84 ribu”.

Penerimaan pendapatan pemda kedepan non tunai kalau bisa pakai QRIS seperti iuran rusunawa, retribusi sampah, pajak daerah, wisata pantai manggar Itu sudah bisa juga Jadi kesana gak perlu pakai uang tunai”. Ungkapnya.

Untuk pembayaran SIM di seluruh polresta di Kaltim akan menggunakan QRIS. Rencana di tanggal 20 Desember mendatang akan dilaunching kegiatan di Balikpapan, Selain itu sedang dilakukan kerjasama pembayaran menggunakan QRIS dinegara-negara ASEAN termasuk Arab Saudi sehingga tidak perlu lagi melakukan Penukaran uang untuk aktivitas di luar negeri.

Dengan adanya pertemuan ini dapat membantu untuk mengembangkan aplikasi Qris di dalam kekeluargaan seperti meliputi Saudara, Tetangga, Teman Nongkrong dan lain sebagainya agar memperluas wilayah bertransaksi bersama Qris. (Sryt/Symsl/lnspstkltm).

Related posts

Leave a Comment