Daerah Kaltim Nasional 

GMNI Balikpapan : Pemerintah Gagal Menyelesaikan Hak Warga Korban Jalan Tol Balsam

lensapostkaltim.com,- Balikpapan — Pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda telah rampung, dan rencananya akan diresmikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo pada selasa, 24/08/21.

Namun dibalik proyek megah jalan bebas hambatan ini, masih menyisakan persoalan yang belum diselesaikan. Hal ini mendapat tanggapan dari Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Balikpapan.

Menurut Meikel Arruan selaku Wakabid Organisasi DPC GMNI Balikpapan, Pemerintah telah gagal dalam melaksanakan tanggung jawabnya terhadap hak masyarakat yang harus diperoleh akibat terdampak pembangunan jalan tol tersebut.

Dirinya menyebutkan bahwa sampai saat ini warga belum juga mendapatkan haknya sepersenpun, “warga hanya dijanjikan dan bahkan dipimpong keluar masuk instansi yang berwenang mengurusi persolan ini” ucapnya.

Di sisi lain, Meikel juga menjelaskan bahwa terkait hak warga korban jalan Tol telah di tetapkan oleh  Pengadilan Negeri Balikpapan (PN) pada tanggal 7/8/2020 lalu,  dan uangnya dititipkan di pengadilan Negeri Balikpapan, Namun karena mekanisme antar instansi yang terlalu berbelit-belit sehingga uang tersebut belum sampai ke tangan warga sampai saat ini.

Dirinya sangat menyayangkan pemerintah terlalu lamban dalam menyelesaikan hak warga, padahal lahan tersebut digunakan warga untuk mencari penghasilan dengan berkebun. “ini jadi kerugian bagi warga, mereka telah kehilangan salah satu sumber penghasilannya” lanjutnya.

Oleh karena itu, GMNI Balikpapan secara Organisasi menegaskan bahwa akan terus mendesak pemerintah terutama Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Balikpapan agar segera menyelesaikan ganti rugi atas lahan warga tersbut.

“Jelas kami akan selalu berdiri bersama warga untuk menuntut pemerintah menyelesaikan tanggung jawabnya hingga selesai” tutup Meikel. (Apn)

Related posts

Leave a Comment