Balikpapan Nasional 

Jalan Tol Balsam Sudah Bertarif, Hak warga Tak kunjung Terselesaikan

lensapostkaltim.com,- Balikpapan — Rapat tindak lanjut indentifikasi lahan seksi (5) jalan Tol Balikpapan-Samarinda kembali memberikan rasa ketidakpuasan dan kekecewaan terhadap warga RT 37 Kelurahan Manggar, Balikpapan Timur Rabu ,08/09/2021.

“Warga sudah tidak bisa menahan diri lagi, saya juga nanti akan turun ke lapangan untuk berdiskusi dengan mereka supaya jangan lagi tutup menutup jalan dulu,” ucap Kuasa Hukum Warga Korban Jalan Tol Yesaya Rohy.

Perlu di ketahui bahwa saat ini jalan  Tol sudah beroperasi, dan ini membuat warga semakin mempertanyakan keadilan terkait hak-haknya yang belum terpenuhi, Yesaya  juga masih mempertanyakan mengapa uang pembayaran lahan masih tertahan di pengadilan dalam bentuk uang konsinyasi?, padahal konsinyasi itu dinilai tidak sesuai syaratnya.

Dirinya juga menjelaskan bahwa Syarat konsinyasi antara lain “pertama warga tidak mau menerima uang karena nilainya terlalu di bawah standar nilai jual, kedua bila warga sebagai penerima uang pembayaran tidak di temukan, dan ketiga ada gugatan ke pengadilan,  sampai sekarang tidak ada gugatan di pengadilan, kalaupun ada, cuma satu, tapi itu pun sudah sangat terlambat,” jelasnya.

Tambah Yesaya bahwa Gugatan yang dilayangkan pada 2020, gugur dan memang tidak diterima pihak PN Balikpapan, Lantaran pemilik lahan sejak awal ialah warga Balikpapan Utara Tandasnya.

Asisten 1 Pemkot Balikpapan Syaiful Bahri menyebut pemerintah daerah telah mengupayakan pembayaran hak bagi masyarakat yang lahannya kini menjadi bagian dari jalan Tol. Meski pada akhirnya uang tersebut dititipkan di pengadilan, lantaran terganjal gugatan di PN Balikpapan. “Duduk perkaranya tanyakan ke PUPR. Kita di sini hanya memfasilitasi saja,” ucapnya (Apn)

Related posts

Leave a Comment