Nasional SKK Migas Kalsul 

Kepedulian Hulu Migas Berikan Bantuan Daerah Untuk Penanganan Pasien Covid-19

lensapostkaltim.com,- Sebagai bentuk kepedulian Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan Kontaktor Kontrak Kerajasama (KKKS) Wilayah Kalimantan Timur pada penanggulangan penderita Covid-19. SKK Migas Kalsul menggandeng KKKS Wilayah Kaltim yakni Pertamina Zona 8 – Pertamina Hulu Mahakam, Pertamina Zona 9 – Pertamina Hulu Sanga-Saga, Pertamina Zona 10 – Pertamina Hulu Kalimantan Timur dan Eni Muara Bakau B.V  membantu keperluan isolasi pasien Covid-19 di Wisma Atlit Kukar berupa 100 matras 100×200 cm, bantal  beserta sarungnya, 100 seprei dan 32 kipas angin.

Penyerahan tersebut dilakukan pada awal Juli lalu kepemerintah Kutai Kartanegara melalui Dinas Kesehatan Pemkab Kukar. Penyerahan bantuan alat-alat tersebut diberikan secara bertahap ke Wisma Atlit lokasi dimana pasien covid-19 saat ini sedang dirawat.

Diterangkan oleh Manager Senior Humas SKK Migas Kalsul Sebastian Julius, pihaknya merespon cepat keinginan kebutuhan yang disampaikan Dinas Kesehatan Kukar untuk membantu penanganan pasien covid-19 di Kukar yang kian meningkat jumlahnya. Bahkan lanjut Sebastian, Sekda Kukar juga telah berkomunikasi ke SKK Migas Kalsul, mengkonfirmasi kebutuhan – kebutuhan yang saat itu sangat diperlukan di Wisma Atlit dalam penanganan pasien Covid-19.


“Beliau (Sekda Kukar) menginfokan bahwa saat itu  sedang berada di Wisma Atlit dan menginfokan terjadi lonjakan pasien Covid-19. Dibutuhkan dukungan peningkatan fasilitas di Wisma Atlit bagi pasien-pasien yang tengah melakukan isolasi.”ujar Sebastian.

Berkaitan dengan keinginan tersebut, SKK Migas Kalsul segera berkoordinasi dengan KKKS yang berada di Kaltim untuk dapat mendukung kebutuhan yang diharapkan pemkab Kukar. Memang diakuinya untuk memperoleh sejumlah barang-barang yang sesuai diharapkan membutuhkan waktu.
“Langsung kami koordinasikan dengan rekan rekan KKKS , kami himbau dan harapkan untuk dapat segera memberikan bantuan kepada Pemkab Kukar. Dukungan tersebut tentunya untuk memudahkan dan membantu pemkab Kukar  dalam menghadapi kondisi terkini yakni penanganan pasien Covid-19” papar Sebastian.

Lanjut Sebastian, beberapa KKKS langsung bergerak mencari barang yang dibutuhkan, setelah berhasil ditemukan langsung dikirim ke Wisma Atlit.  Adapun bantuan dari SKK Migas – KKKS wilayah Kaltim yang diharapkan oleh Pemkab Kukar tersebut, dapat dimanfaatkan secara maksimal dalam membantu penanganan pasien yang tengah melakukan isolasi di Wisma Atlit.

Sebagai informasi, pelaksanaan Program Peduli Oksigen Hulu Migas, SKK Migas Perwakilan Kalimantan & Sulawesi (SKK Migas Kalsul) didukung oleh KKKS Eni Muara Bakau B.V. dan KKKS Eni East Sepinggan Limited telah juga membantu menyediakan peralatan untuk transportasi oksigen yang dibutuhkan kalangan medis untuk penanganan pasien Covid-19. Bantuan ini berupa penyediaan 3 (tiga) buah ISO tank sebagai bentuk kepedulian dari pelaku industri hulu migas terhadap situasi pandemi Covid-19 untuk Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Sebanyak 3 unit ISO tank hasil kerja sama dengan KSO Aico Energi – Serba Dinamik Indonesia dan PT Surya Indotim ini akan digunakan untuk mendukung distribusi oksigen medis yang diproduksi oleh PT Samator wilayah Kalimantan. Bantuan ISO tank berukuran 20 (dua puluh) feet dengan kapasitas ± 20 ton diserahkan kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) secara simbolis pada (21/7) lalu di Kantor Gubernur Kalimantan Timur.

“Dukungan bantuan yang telah diberikan oleh kegiatan hulu migas ini, sebagai bukti dukungan kami untuk kemanusiaan dalam membantu pemerintah daerah yang saat ini tengah dan terus melakukan penanganan penanggulangan Covid-19 yang masih terjadi”tutup Sebastian.

Sumber : Humas Skk Migas

Related posts

Leave a Comment