Daerah Kaltim 

KKN Unmul Tanam Bibit Mangrove Di Pesisir Kaltim Park Kabupaten Kukar.

lensapostkaltim.com,- Balikpapan – Kelompok Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Mulawarman (UNMUL) 47, Kelompok IKN 14 Kuala Samboja, serta Karang Taruna dan LPM melakukan kegiatan penanaman bibit mangrove daerah Pesisir Kaltim Park, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Kecamatan Samboja, Kelurahan Kuala Samboja.

Hal ini di sampaikan Rahim selaku Ketua KKN IKN 14 Kuala Samboja, kegiatan pananaman bibit mangrove ini dilakukan untuk bisa menjaga dan melestarikan alam serta mencegah abrasi yang terjadi akibat air laut. Rabu, (07/07 /2021).

Rahim mengatakan, selain itu juga mangrove mampu bisa memecah gelombang dan melindungi daratan dari derasnya hempasan air laut.

“Kegiatan ini sengaja kami buat untuk kebermanfaatan bersama, dan menjaga kelestarian ekosistem di bagian pesisir mencegah terjadinya abrasi,” Ucap Rahim.

Mahasiswa UNMUL Fakultas Perikanan mengatakan bahwa, mangrove akan menjadi destinasi wisata alam apabila dikembangkan dengan baik dengan infrastruktur yang menunjang,” ujarnya.

Ferri Ketua Karang Taruna Kuala Samboja juga menambahkan, daerah Samboja ini masih ada beberapa tempat yang mengalami abrasi, sehingga perlu adanya pemeliharaan lingkungan agar ekosistem di sekitarnya mampu berkembang dengan baik.

“kami sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN UNMUL yang sudah mau menjaga kelestarian daerah pesisir dan berharap masyarakat untuk ikut serta dalam menjaga kelestarian lingkungan sekitar,” ucapnya.

Mewakili Pemerintahan setempat Lurah Kuala Samboja Usman dalam sambutannya ia menyampaikan, kegiatan ini untuk mengembalikan ekosistem terutama di kawasan pesisir karena mangrove yang sehat merupakan garda pertahanan pertama yang harus di perhatikan di wilayah pesisir.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang di lakukan oleh Mahasiswa UNMUL sebagai bentuk kecintaan mereka terhadap lingkungan dan ekosistem disekitarnya,” ucapnya.

Kata dia, kawasan mangrove ini selanjutnya akan di lakukan perawatan sehingga tempat ini suatu akan di jadikan wisata yang memberi keuntungan tambahan jika di kelola dengan baik,” tutupnya.

Editor : lensapostkaltim.com

Related posts

Leave a Comment