Balikpapan Daerah Kaltim Kodam VI Mulawarman 

Kodam VI/Mlw Menutup Kegiatan Hari Juang TNI AD Dengan Menggelar Upacara

lensapostkaltim.com,- Balikpapan – Rangkaian kegiatan peringatan Hari Juang TNI AD Tahun 2022 wilayah Kodam VI/Mlw, di akhiri dengan upacara yang di gelar di Lapangan Markas Kodam VI/Mulawarman. (15/12)

Upacara yang di ikuti seluruh Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil yang berada di Garnisun Kota Balikpapan ini di pimpin oleh Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Tri Budi Utomo sebagai Inspektur Upacara yang terlaksana dengan baik dan berjalan hikmat pada hari ini.

Mayjen TNI Tri Budi Utomo yang membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat memyampaikan bahwa tema Hari Juang TNI AD kali ini yaitu “TNI Angkatan Darat Dihati Rakyat” yang mempresentasikan visi dan komitmen TNI AD untuk senantiasa manunggal dengan rakyat serta menempatkan kepentingan rakyat dan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai prioritas tertinggi dalam setiap pelaksanaan tugas dan pengabdian.

Di jelaskan pula dalam amanat beliau bahwa rakyat merupakan ibu kandung dari prajurit TNI AD serta nafas dan ruh prajurit TNI AD adalah pengabdian kepada rakyat, bangsa dan negara. Tertuang dalam sejarah bahwa kebersamaan TNI dan rakyat merupakan kekuatan dahsyat yang mampu menjaga dan mempertahankan kedaulatan serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Beliau berpesan kepada prajurit TNI AD agar beradaptasi dengan perkembangan lingkungan yang dinamis serta terus menjaga dan meningkatkan kemampuan kemiliteran modern. Di karenakan zaman dan era yang berbeda saat ini, ancaman dan tantangan yang kita hadapi berbeda dengan apa yang di perjuangkan prajurit terdahulu serta ancaman dan tantangan sekarang cenderung semakin kompleks.

Di hadapkan dengan dekatnya tahun politik dan akan di gelarnya Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden 2024, beliau berpesan dan menutup amanatnya agar prajurit TNI harus tetap memegang teguh jati diri sebagai tentara nasional yang hanya berpihak kepada negara serta terbebas dari pengaruh kepentingan politik praktis.

( PENDAM VI )

Related posts

Leave a Comment