Balikpapan Umum 

Masuki Pancaroba Manggar Rawan Demam Berdarah (Dengue) Lurah Dedi Imbau 3 M Plus

lensapostkaltim.com,- Balikpapan – Memasuki masa pancaroba, sebentar turun hujan sebentar kondisi panas tentunya dapat memicu kasus peningkatan kasus demam berdarah (dengue).

Permasalahan demam berdarah (dengue) ini pulalah yang menjadi perhatian Lurah Manggar Kecamatan Balikpapan Timur, Dedi Prasetia Utama Idris untuk bersama – sama memberikan imbauan kepada masing – masing ketua RT agar senantiasa waspada akan penyebaran wabah DBD.

“Upaya – upaya yang kelurahan kami lakukan dengan menggerakan para kader Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) atau dikenal dengan istilah kader jumantik dengan mendatangi rumah ke rumah warga door to door membagikan abate,” beber Lurah Dedi.

Lurah Dedi berniat mengajak peran aktif para mahasiswa KKN Unmul untuk bersama – sama terpanggil melakukan pencegahan demam berdarah. “Pemberlakuan 3 M plus perlu diberlakukan kembali di setiap pemukiman warga yang ada di Manggar,” terangnya saat diwawancarai media lensapostkaltim.com di ruang kerjanya

Adapun 3 M plus yang di maksudkan yaitu menguras atau membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es, dan lain-lain. Menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain-lain.

Lantas dari pengamatan Lurah Manggar sejauh mana tingkat penularan demam berdarah di wilayah kerjanya? “Wah terbilang tinggi juga signifikan, makanya kami terus mengupdatenya secara perkembangan terkini,” ucap Dedi (ramah dipanggil red)

Penanganan bagaimana apabila mendapati warga yang terjangkit demam berdarah? Lurah Dedi menegaskan biasanya kita apakah itu melalui kader PSN (jumantik) maupun kader posyandu langsung berkoordinasi dengan Puskesmas Manggar untuk penanganan lebih lanjut. (aji/rin)

Related posts

Leave a Comment