IKN (Ibu Kota Negara) Nasional 

Otorita IKN Kunjungi Markas Siemens di Berlin

lensapostkaltim.com,- HANNOVER – Pasca penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Otorita Ibu Kota Nusantara (Otorita IKN) dengan Siemens, perusahaan teknologi dan inovasi, penyedia teknologi dan keahlian terkemuka di sektor energi modern dari Jerman, delegasi Otorita IKN berkesempatan mengunjungi Siemensstaadt Square dimana Siemens mengembangkan open urban district yang menggabungkan work-research-live.

Pada tahun 2035, Siemensstaadt Square ditargetkan untuk menjadi lingkungan urban yang hidup dan modern di area seluas lebih dari 70 hektar, dan berpusat sebagai tempat dimana teknologi akan dikembangkan sekaligus diproduksi secara terintegrasi.

Siemens Square menerapkan digital twin city, smart building automation dan data analytics dalam proses desain dan manajemen kota.

Siemens Energy merupakan salah satu perusahaan Jerman yang sudah mengirimkan letter of intent (LOI) pada pihak Otorita IKN. Kemudian Siemens dan Otorita IKN sepakat untuk melakukan penandatanganan MoU di Hannover Messe. MoU yang telah disepakati kedua belah pihak tersebut merencanakan kerja sama dalam pengembangan sektor smart energy, smart city, smart building, infrastruktur mobilitas cerdas, dan sistem otomasi industri cerdas di IKN.

Dukungan Siemens terhadap pembangunan IKN, dalam kolaborasi kota cerdas Nusantara, menurut MoU kerjasama ini akan meliputi tetapi tidak terbatas pada:
Pertama, membuat kelompok kerja dengan pemangku kepentingan terkait untuk pengembangan ruang lingkup kota pintar.

Kedua, melakukan studi kelayakan tahap awal di bidang tertentu (ditentukan kemudian) berdasarkan informasi yang tersedia. Tiga, menjajaki kemungkinkan kolaborasi strategis dalam implementasi proyek.

Kunjungan delegasi Otorita IKN selama 2 hari ini menunjukan langkah cepat Otorita IKN dalam menindaklanjuti MoU tersebut.

Dalam kunjungan ke Siemens ini, delegasi Otorita IKN yang diwakili oleh Direktur Investasi dan Kemudahan Berusaha, Otorita IKN Indra Yuwono, dan Chief of Urban Design, Otorita IKN Vallin Tsarina, didampingi oleh Head of Business Unit Energy Generation Siemens Indonesia Andilo Harahap.

Indra menyampaikan ucapan terima kasih atas ketertarikan Siemens Energy dalam pembangunan IKN dan berharap dapat melanjutkan kerja sama dan kolaborasi yang lebih konkrit ke depannya. Indra juga mengajak Siemens agar segera merencanakan untuk membuka kantor di IKN sebagai wujud keseriusan Siemens dalam kontribusinya bagi IKN.

“Siemens akan mendukung OIKN melalui studi bersama tentang kelayakan teknis dan komersial solusi kota pintar untuk ibu kota baru Indonesia, Nusantara. Dengan bangunan pintar dan sistem energi cerdas yang inovatif serta sistem IoT yang terhubung pada intinya, kota pintar siap memenuhi tuntutan ini. Teknologi Siemens membantu mengembangkan masyarakat perkotaan yang menampilkan operasi kota yang lebih baik dan kualitas hidup, serta menjadi lebih berkelanjutan,” ungkap President Director and CEO, PT Siemens Indonesia Lamine Jendoubi.

Tim Komunikasi IKN
Contact : Troy Pantouw
Phone : +62-811 1918 0504
E-mail : troypantouw@ikn.go.id
Website : ikn.go.id
Instagram : instagram.com/ikn_id
Facebook : facebook.com/iknindonesia1
Twitter : twitter.com/ikn_id
Youtube : IKN Indonesia

KotaDuniauntukSemua

Nusantara

IbuKotaNegara

Related posts

Leave a Comment