IKN (Ibu Kota Negara) Nasional 

Otoritas Ibukota Negara Nusantara Hannover Messer 2023 untuk Mengundang Investor Internasional

lensapostkaltim.com,- HANNOVER – Hannover Messe 2023 (HM23) adalah salah satu pameran perdagangan dan industri terbesar dan terpenting di dunia, sejak 1947. Pameran ini menyatukan para pemain kunci di bidang industri, teknologi, dan inovasi untuk memamerkan produk dan layanan terbaru mereka, bertukar ide, dan menjelajahi peluang kerjasama bisnis baru.

Indonesia sebagai negara mitra mengangkat tema “Indonesia, Infinite Journey”. Bersama dengan lebih dari 150 co-exhibitor Indonesia lainnya, Otoritas Ibukota Negara Nusantara (OIKN) memamerkan kemajuan terbaru dari pembangunan dan investasinya.

HM23 ini adalah kesempatan penting bagi OIKN untuk berbagi dan mengkomunikasikan kemajuan pembangunan Nusantara kepada khalayak global. Namun yang terpenting adalah untuk mengajak dan meyakinkan investor dan media internasional bahwa Nusantara adalah Proyek Nasional yang diamanatkan undang-undang. Pemindahan ibu kota negara ke Nusantara merupakan bagian dari strategi mewujudkan visi Indonesia 2045. Nusantara adalah kota modern; hijau, cerdas, inklusif, tangguh, dan berkelanjutan.

Ibukota Nusantara akan menjadi kota hutan pintar berkelanjutan yang merepresentasikan penggunaan teknologi dan inovasi terkini yang memungkinkan model baru pertumbuhan sosial, ekonomi, dan lingkungan yang berkelanjutan untuk menciptakan kota yang layak huni secara adil.

Nusantara dirancang dan dibangun untuk memiliki emisi nol, penggunaan energi bersih dan terbarukan, transportasi ramah lingkungan, dan mobilitas cerdas dengan sekitar 65% ditujukan untuk hutan lindung untuk mengembalikan kejayaan hutan tropis dan 35% akan menjadi kawasan perkotaan.

Progres pengembangan infrastruktur Nusantara sudah mencapai 26%. Dimana berbagai infrastruktur utama dikembangkan secara progresif, antara lain area Istana Negara, pembagian kantor kementerian dan perumahan aparatur sipil negara (ASN). Rencananya, pemindahan aparatur sipil negara akan dimulai pada 2024 dan peringatan 79 tahun kemerdekaan Republik Indonesia akan digelar di ibu kota baru, Nusantara.

Menurut Sekretaris OIKN, Dr. Achmad Jaka Santos Adiwijaya S.H., LLM, pengembangan infrastruktur Nusantara sudah sesuai perencanaan. Saat ini, lebih dari 30 proyek pembangunan tengah berlangsung, termasuk Istana Presiden dan Wakil Presiden, kantor-kantor kementerian, bendungan, jalan, dan tempat tinggal para pekerja.

Indonesia menyambut baik tingginya minat investor untuk berpartisipasi dalam pembangunan ibukota Nusantara, sebuah forest city yang dapat mengatasi krisis iklim. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia memfasilitasi penanaman modal di Nusantara, dengan menerbitkan Peraturan Pemerintah (No. 12 Tahun 2023) tentang Izin Usaha, Kemudahan Berusaha, dan Fasilitas Penanaman Modal Bagi Pelaku Usaha di Nusantara. Peraturan ini bertujuan untuk memberikan kepastian, kesempatan, dan ruang berpartisipasi yang lebih luas bagi investor baik dari dalam maupun luar negeri untuk mempercepat pembangunan Nusantara.

Kami berharap semakin banyak investor kelas dunia yang dapat memanfaatkan investasi di Nusantara. Fasilitas terbaik akan diberikan untuk kemudahan berbisnis di ibu kota masa depan Indonesia, Nusantara, tambah Jaka Santos.

Beberapa fasilitas kemudahan berusaha bagi investor antara lain Tax Holiday, keringanan pajak hingga 100% bagi investor di bidang infrastruktur, dan usaha lainnya, termasuk untuk sektor Wilayah Kawasan Pusat Keuangan. Kemudian ada juga Super Tax Deduction, bea masuk dan kemudahan untuk impor barang modal, serta bebas bea masuk untuk impor bahan dan barang.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, kami mengundang para investor global untuk mengambil bagian dalam kesempatan yang luar biasa dan langka ini serta menjadi bagian dari sejarah perkembangan peradaban baru di Nusantara, ibu kota baru Indonesia.


Communication Team
Contact : Troy Pantouw
Phone : +62-811 1918 0504
E-mail : troypantouw@ikn.go.id

Website : ikn.go.id
Instagram : instagram.com/ikn_id
Facebook : facebook.com/iknindonesia1
Twitter : twitter.com/ikn_id
Youtube : IKN Indonesia

KotaDuniauntukSemua

Nusantara

IbuKotaNegara


Nusantara, officially the Capital City of Nusantara is the future Indonesia capital as stipulated and regulated by Law No. 3 of 2022. Located on the east coast of the island of Borneo. Nusantara covers area of almost 4x Jakarta, which is approximately 256,142 hectares and sea covering 68,189 hectares. Nusantara will change the orientation of development to become more Indonesia-centric and accelerate the country’s economic transformation. The Nusantara National Capital Authority (OIKN) is the Authority executive to managing and governing the Nusantara. OIKN is a cabinet level-agency formed by Indonesian government, working directly under the President of Indonesia. The Authority will support preparation, construction, and final move to Nusantara.


Related posts

Leave a Comment