Daerah Kaltim Polda Kaltim 

Polsek Long Iram Gelar Patroli dan Himbauan di Wilayah Banjir untuk Jamin Keamanan Warga

lensapostkaltim.com,– Kutai Barat – Pada hari Kamis, 16 Mei 2024, Polsek Long Iram melakukan patroli dan himbauan di wilayah banjir di Kampung Long Iram Ilir, Kecamatan Long Iram, Kabupaten Kutai Barat. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapolsek Long Iram, IPTU Andi Ahmad S. SH, dan melibatkan tiga personel, yaitu Aipda Jais, Bripka Bunyamin, dan Brigpol Suprianto.

Patroli berlangsung dari pukul 10.00 hingga 16.00 WITA dengan sasaran warga masyarakat yang beraktivitas dan melewati daerah yang terdampak banjir. Himbauan yang diberikan mencakup pemantauan aktivitas masyarakat dan perkembangan volume debit air Sungai Mahakam yang masih meluap dari hulu.

Kondisi air terus naik akibat aliran deras Sungai Mahakam, dan Polsek Long Iram memastikan bahwa himbauan dan pengaturan berjalan dengan aman, tertib, dan lancar. Kapolsek Long Iram menyampaikan pentingnya koordinasi berkelanjutan dengan Forkopimcam terkait lokasi tinggi untuk mengamankan diri, keluarga, barang berharga, kendaraan, dan ternak.

Rencana tindak lanjut yang telah disusun meliputi pemantauan dan deteksi dini terhadap kerawanan banjir, penyuluhan dan himbauan oleh Unit Intelkam, Binmas, dan jajaran Babhinkamtibmas, serta patroli dan pengamanan oleh Unit Sabhara dan jajaran SPK. Selain itu, pihak perusahaan di sekitar juga bersedia memberikan bantuan berupa kapal, speed medis, dan lainnya kepada warga terdampak.

Beberapa warga telah meninggalkan rumah mereka dan berpindah ke tempat yang lebih tinggi untuk menghindari banjir. Lokasi tertinggi di Kecamatan Long Iram yang disepakati adalah SD 001 Kampung Long Iram Kota, sementara di Kecamatan Tering adalah BPU Kampung Purworejo.

Kapolsek Long Iram, IPTU Andi Ahmad S. SH, mengajak seluruh masyarakat untuk tetap waspada dan mengikuti arahan yang diberikan demi keselamatan bersama. Polsek Long Iram berkomitmen untuk terus memantau situasi dan memberikan bantuan yang diperlukan untuk memastikan keamanan dan kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut.

HUMAS POLDA KALTIM

Related posts

Leave a Comment