Balikpapan Umum 

Pupur Dingin Alami Ala Kader Adiwiyata SMPN 10 Balikpapan

lensapostkaltim.com,- Balikpapan — Adiwiyata, secara internasional disebut pula dengan Green School adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindari dampak lingkungan yang negatif.

Kader Adiwiyata SMP N 10 Balikpapan, baru-baru diperkenalkan dengan kegiatan pemanfaatan kunyit sebagai bahan dasar utk pembuatan scrub/ bedak dingin. Kegiatan ini langsung dilakukan oleh kader Adiwiyata SMPN 10, yang terbentuk pada bulan Agustus 2020 lalu.

Melalui bimbingan Pembina Kader Adiwiyata SMPN 10 Balikpapan, Heny Mardiana Noor, S.Pd dikatakannya kader-kader Adiwiyata SMPN 10 Balikpapan diambil dari siswa kelas 7 sampai 9. Sehingga jika lulus, masih ada generasi penerusnya di sekolah tersebut.

Terkait pembuatan bedak dingin, kegiatan ini di lakukan pada (11/7) lalu. Beberapa siswa membawa bahan seperti beras, bengkoang dan kunyit. Semua bahan alami tersebut diolah sedemikian rupa hingga menjadi scrub atau bedak.
“Kegunaan bedak dingin tersebut untukmengurangi jerawat , flek hitam, mecerahkan kulot dan antioksidan. Bisa juga untuk digunakan di badan”terang Heny.

Proses pembuatannya tidak begitu sulit. Waktu pengolahannya nya pun relative singkat hanya 2 hari. Setelah diolah lalu dikeringkan, bedak yang telah dibentuk seperti bola-bola kecil tersebut bisa digunakan.
“Pembuatan ini bisa dilakukan oleh semua sisw dirumah. Karena bahannya alami kita tidak perlu khawatir” imbuhnya.

Heny mengharapkan kader Adiwiyata SMPN 10 Balikpapan bisa menjadi pioner bagi teman-teman lainnya. Mereka bertugas mengajak siswa yang lain untuk menjaga sekolah tetap bersih dan membantu penerapan prilaku ramah lingkungan hidup (PRLH) disekolah, serta mempertahankan predikat sekolah sebagai sekolah ramah lingkungan, sehingga mendorong perubahan sikap dan perilaku anak didik dan warga sekolah terhadap lingkungan, yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dan di rumah.

Related posts

Leave a Comment