Balikpapan Daerah Kaltim 

Resmi Dikukuhkan, Wali Kota Apresiasi Peran Penting Bunda PAUD Kecamatan dan Kelurahan di Masyarakat

lensapostkaltim.com,- Balikpapan – Pemerintah Kota Balikpapan melaksanakan pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Balikpapan, Senin (29/5/2023) di Aula Balaikota Balikpapan. Pengukuhan ini dihadiri Ketua Bunda PAUD Kota Balikpapan, Nurlena Rahmad Mas’ud.

Dalam kesempatan tersebut Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud menyampaikan sambutannya. Ia mengatakan, pendidikan usia dini sangat penting dalam membina tumbuh kembang anak secara optimal.

Menurutnya, pembinaan dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan jasmani dan rohani. Agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

“Dalam sistem pendidikan kita, salah satu pihak yang memiliki peran penting dalam mendidik anak-anak usia dini adalah bunda PAUD. Diantaranya mendampingi serta terlibat dalam mewujudkan institusi PAUD berkualitas,” terangnya.

Sejak tahun 2015, pemerintah telah mencanangkan Gerakan Nasional PAUD Berkulitas. Untuk menyukseskan gerakan itu, peran bunda PAUD sebagai penggerak utama diharapkan dapat menggandeng peran serta masyarakat.

“Keberadaan Bunda PAUD sangat penting sebagai upaya menyatukan segenap komponen dan sumberdaya yang ada di masing-masing wilayah. Terlebih bunda PAUD merupakan sebuah kedudukan sukarela, yang dilandasi dengan rasa cinta dan kasih sayang,” ungkap Wali Kota Rahmad Mas’ud.

Ia melanjutkan, dengan besarnya tantangan dalam mendidik anak-anak usia dini, Pemerintah Kota Balikpapan mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam bidang ini. Baik Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak, Himpaudi dan sebagainya.

“Apresiasi secara khusus saya sampaikan kepada para bunda PAUD yang bekerja secara sukarela. Sebagai lokomotif untuk mendorong segenap elemen masyarakat di kecamatan, maupun kelurahan masing-masing. Untuk mengembangkan pendidikan anak usia dini,” terangnya.

Dalam upaya mewujudkan visi kemitraan Satuan Pendidikan Anak Usia Dini yaitu “terbentuknya insan serta ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berkarakter dengan berlandaskan gotong royong”.

“Saya berharap bunda paud yang dikukuhkan hari ini dapat meningkatkan kemitraan seluruh organisasi lembaga PAUD, sehingga dapat berjalan dengan baik dan bermakna,” tuturnya.

Selanjutnya pengukuhan para Bunda PAUD dilaksanakan, dipimpin Bunda PAUD Kota Balikpapan, Nurlena Rahmad Mas’ud. Usai pelantikan ia juga menyampaikan sambutan.

Ia mengatakan, keberadaan bunda PAUD diharapkan bisa memotivasi masyarakat dan pemangku kepentingan, untuk menyediakan layanan PAUD berkualitas. Dengan layanan holistik integratif.

“Sehingga bisa menghasilkan generasi sehat, ceria, dan berakhlak mulia. Karena saat ini anak-anak kita berbeda dengan era dahulu. Maka kita harus bisa mendampingi anak-anak kita. Termasuk berprilaku sopan santun pada yang lebih tua, serta menghargai yang lebih muda,” terangnya.

Selain itu, sangat penting untuk memenuhi kebutuhan anak-anak secara utuh. Termasuk kesehatan dan gizi. Sehingga anak-anak bisa tumbuh bebas stunting.

“Stunting ini jadi pekerjaan rumah buat kita di Balikpapan. Alhamdulillah Pokja IV Kota Balikpapan punya misi membagikan satu telur satu hari untuk anak-anak kita,” ungkapnya.

Ia berharap pelayanan PAUD berkualitas dapat lebih memanfaatkan teknologi informatika. Agar terjadi peningkatan manajeman program Bunda PAUD. “Komunikasi dan koordinasi sangat diperlukan sebagai langkah untuk meningkatkan kolaborasi dan sinergi,” tandasnya.

Ia juga menyampaikan, pihaknya secara simbolis bersama Wali Kota memberi perhatian kepada 10 PAUD yang menerima bantuan berupa bangku dan meja. (abidin/edy)

Related posts

Leave a Comment