Kaltara 

Satreskoba Polres Nunukan Berhasil Bekuk Penyeludupan Narkoba Jenis Sabu Sebanyak 5KG

lensapostkaltim.com,- Nunukan – Penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu di perbatasan Kabupaten Nunukan, seakan-akan tidak ada habisnya. Terbaru, Satreskoba Polres Nunukan berhasil mengungkap peredaran sabu seberat 5 kg lebih di Jl Langsat, Selisun, Nunukan Selatan, Rabu (26/5/2031) dinihari.

Pengungkapan kasus sabu 5 kg ini berawal dari ditangkapnya kurir bernama Dedi alias Edi (44), warga Tien Suharto, RT 16, Nunukan Timur. Dedi ditangkap di Jalan Lingkar, Selisun, Nunukan Selatan, Senin (24/5/2021) lalu.

Dari tangan Dedi, polisi mengamankan barang bukti sabu-sabu seberat 55,30 gram yang disimpan di kantong plastik warna hitam.

Kapolres Nunukan, AKBP Syaiful Anwar melalui Kasubag Humas Polres Nunukan, AKP M Karyadi mengungkapkan,  penangkapan itu berawal dari informasi masyarakat.

“Informasi itu langsung kita tindaklanjuti dan melakukan penyelidikan di TKP (lokasi) yang dilaporkan. Saat itu, memang ada seorang pria sesuai ciri-ciri yang dilaporkan. Pria itu adalah Dedi yang sedang duduk di atas kendaraanya,” ungkapnya, Kamis (27/5/2022).

Polisi pun langsung menghampiri dan mengamankan Dedi. Namun, setelah dilakukan pengeledahan badan, tidak ditemukan barang bukti.

“Tapi, kita langsung bawa tersangka ke tempat penyimpan barang bukti itu. Di situlah, kami temukan sabu-sabunya,” ungkapnya.

Setelah ditemukan barang bukti, Dedi pun tak bisa mengelak dan mengakui barang tersebut miliknya. Bahkan, Dedi juga ‘menyanyi’ jika sabu miliknya itu dari adiknya yakni Irfandi Yusuf alias Ippang (39).

“Setelah dapat informasi tersebut, kita langsung bergerak dan kembali menyelidiki nama yang disebut Dedi,” ungkapnya.

Dua hari pengembangan, polisi akhirnya menangkap Irfandi yang saat itu tengah berada di Bandara Juwata Tarakan.

“Kami langsung interogasi ternyata barang buktinya disimpan di sebuah rumah kebun milik seorang bernama Asri di Jalan Langsat, Nunukan Selatan,” imbuhnya.

Aparat Satreskoba Polres Nunukan, langsung menuju ke Kabupaten Nunukan untuk mendatangi TKP penyimpanan sabu tersebut. Alhasil, ada lima bungkus besar sabu-sabu yang sembunyikan dalam kandang ayam.

“Sabu ini dimasukkan dalam sebuah ember warna putih lalu dibungkus plastik warna merah muda. Nah, ember ini ditanam dalam tanah,” ungkapnya.

Dari pengakuan Irfandi, sabu tersebut ternyata milik Asri yang rencananya akan dibawa ke Sulsel. Atas perbuatan itu, kedua tersangka dikenakan UU nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

“Saat ini, semua barang bukti termasuk handphone dan bukti lainnya sudah diamankan di Polres Nunukan,” (*) (Abdllahasrul/lnspostkaltimtara)

Editor : lensapostkaltim.com

Related posts

Leave a Comment