Balikpapan Nasional 

Selamat, Kaltim Raih Peringkat Pertama Indeks Kemerdekaan Pers

lensapostkaltim.com,- Balikpapan — Sebuah kebanggaan bagi pemerintah Kaltim meraih peringkat pertama indeks kemerdekaan pers. Sebelumnya, menempati urutan ketiga, dua tahun berturut-turut.

Kerja cerdas dan terukur, dilakukan Kadiskominfo Kaltim Muhammad Faisal, membuahkan hasil yang gemilang. Mampu menempatkan Kaltim urutan teratas tahun ini sebagai prestasi kemerdekaan pers nasional.

Meskipun, keberhasilan ini sebagai bentuk peran serta masyarakat, insan pers dan pemerintah dalam membangun trust, keberadaan pers di wilayah Kaltim.

Beberapa indikator dilalui, tentu tidaklah mudah, berhadapan dengan orang-orang yang berintegritas, sebuah penilaian.

Termasuk, keberadaan IKN Nusantara di Kaltim, menjadi motivasi para stakeholder, membangun Kaltim yang lebih baik. Harapannya, menjadi momentum bahwa Kaltim, mampu memberikan yang terbaik bangsa ini.

Pastinya, prestasi ini memberikan kabar baik, kalau dunia pers kita di Kaltim mengalami kemajuan. Keterbukaan informasi bagi pejabat pelaksana pengelola data danninformasi juga kian terbuka.

Tidak ada kriminalisasi profesi pers, tetap menjalankan etika jurnalistik, menyajikan fakta sebenarnya, serta konfirmasi yang selalu cover both side.

Dengan ini, masyarakat teredukasi dengan baik, untuk mendapatkan informasi dan berita-berita yang jelas dan terang adanya.

Selain kebanggaan ini, diraih ditahun 2022, justru kita terus memacu kemampuan untuk mempertahankan prestasi ini, telah menyingkirkan 33 provinsi di Indonesia.

Proses penilaian dimulai awal hingga akhir tahun 2021, menuai hasil yang baik. Justru, akan menjadi tanggung jawab yang berat kedepan untuk mempertahankan posisi ini.

Harus mampu menyesuaikan diri dengan kemajuan dan percepatan tehnologi, kian hari, kian berkembang. Percepatan tehnologi melalui digitalisasi pun kian ketat.

Bahkan pemerintah saat ini tengah membangun infrastruktur bidang telekomunikasi dan informasi sebagai wujud dari penyesuaian kinerja era digital.

Baiknya, infrastruktur yang memadai, informasi dapat diakses secara terbuka, dengan kemudahan dan transparansi data disemua sektor dapat dilihat secara jelas.

Selanjutnya, langkah kemajuan dilakukan pemerintah provinsi ini, kiranya dapat terimplementasi disetiap kabupaten dan kota di Kaltim.

Jangan sampai induk yang prestasi, namun daerah tidak menghasilkan apa-apa. Tranformasi, kemajuan terhadap daerah juga penting, perlunya sinergitas pemerintah provinsi dan setiap kabupaten/kota dalam menjalankan pelayanan masyarakat juga baik.

Bilamana, sinergitas ini tidak berjalan dengan baik, akan sulit untuk mempertahankan prestasi telah diraih saat ini.

Dihadapan kita, ada IKN Nusantara menjadi kebanggan bersama, bagi masyarakat Kaltim. Diperlukan kebersamaan dalam proses pembangunannya, meski akan dirasakan anak cucu kita.

Sebagai insan pers, kita patut berbangga dengan prestasi didapatkan provinsi Kaltim, sebagai peringkat teratas dalam indeks kemerdekaan pers. Teruslah, berkarya dan mengedukasi masyarakat melalui tinta jurnalistik kita.

Membangun kepercayaan masyarakat terhadap pers kita, serta membangun ekosistem pers yang berintegritas, melalui karya masing-masing. Selamat buat kita semua, majukan Kaltim berdaulat. (**)

Related posts

Leave a Comment