Daerah Kaltim Diskominfo Kutai Timur Kutai Timur 

Setelah Terlatih Pengelolaan Destinasi Wisata Hutan Langsung Konsisten Membangun Pariwisata

lensapostkaltim.com, KUTAI TIMUR – Baru – baru ini Dinas Pariwisata Kutai Timur (Kutim) turut menggandeng Pusat Studi Kebijakan Nasional dalam pelaksanaan Pelatihan Dasar Dalam Tata Kelola Destinasi Pariwisata Untuk Masyarakat di Kawasan Sekitar Hutan.

Saat diwawancarai secara terpisah Kepala Dinas Pariwisata Kutim Dr.H.Nurullah, M.Pd menegaskan adapun sasaran pelatihan point terpenting peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat yang berada di seputaran kawasan hutan di 3 Kecamatan.

“Melalui pemahaman tersebut artinya SDM yang ada memahami betul akan pentingnya eko wisata pada kawasan hutan tersebut,” terang H.Nurullah

Jalannya Pelatihan Dasar Dalam Tata Kelola Destinasi Pariwisata berlangsung dari (6/11) sampai dengan (8/11) 2022 beberapa waktu lalu di ballroom Pelangi Hotel Royal Victoria Sangatta – Kutim.

Sementara berdasarkan keterangan Isriya Prihatin, SE sekaligus ketua panitia kegiatan melaporkan jumlah total keseluruhan peserta yaitu 150 peserta terdiri dari Kecamatan Sangatta Utara sebanyak 50 peserta, Sangatta Selatan, 50 peserta dan Bengalon 50 peserta.Yang mana kesemua peserta tadi merupakan bagian dari Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS), Komunitas Ekonomi Kreatif, Pemerintah Desa, Pemerintah Kecamatan, Badan Usaha Milik Desa, Himpunan Pemandu Wisata, Serta Mitra Pariwisata dan unsur lainnya.

Sementara selaku narasumber dari Praktisi dan Akademisi Universitas Mulawarman Erwiantono, Praktisi dan Akademisi Universitas Mulawarman, Heru Susilo, Praktisi dan Akademisi Universitas Mulawarman Mirza Yonathan, sekaligus merangkap bagian dari Exotic Kaltim serta Askar HPI Kutim. “Melalui pelatihan diharapkan sebagai giat pencanangan Eko Wisata Provinsi Kaltim, artinya tak hanya sebatas berwisata saja akan tetapi memiliki andil dalam pelestariannya,” terang Isriya.

Kembali Kadis Pariwisata mengungkapkan pembangunan pariwisata sebenarnya bertujuan untuk meningkatkan pendapatan nasional, disamping itu mendorong pembangunan daerah dan memperkenalkan wisata yang ada ditempat masing masing. “Dalam meningkatkan perekonomian Kemasyarakatan, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur melalui Dinas Pariwisata membuat suatu terobosan “gebrakan” melalui berbagai program yang mendorong peningkatan SDM,” jelas H Nurullah

Menurut H Nurullah Kutai Timur diketahui memiliki SDAyang berlimpah dengan cakrawala pesona keindahannya. “Sebanyak 200 lebih potensi SDA telah ditetapkan menjadi kawasan destinasi wisata. Karena wisata mampu menopang pertumbuhan perekonomian mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang mampu diandalkan diluar pendapatan daerah dari hasil pertambangan batu bara, perkebunan,” kata Kadis Pariwisata.

Kadis Pariwisata mengatakan kepada media para peserta pelatihan tentunya benar – benar terpanggil, peduli dan memiliki komitmen untuk bersama-sama memajukan Pariwisata khususnya yang tersebar luas di Kutim.(adv/Diskominfo Perstik Kutim /dy)

Related posts

Leave a Comment