Daerah Kaltim SKK Migas Kalsul 

SKK Migas Kalsul Sambut Baik Gelaran Erau Kukar

lensapostkaltim.com,- Tenggarong – Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi Perwakilan Kalimantan dan Sulawesi (SKK Migas Kalsul), Azhari Idris menghadiri acara pembukaan pesta Erau adat Kutai yang digelar oleh Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura, pada Minggu (25/9/2022) lalu. Pada kegiatan ini selain dihadiri oleh keluarga kesultanan Kutai kartanegara, Bupati – Wakil Bupti Kukar, Ketua DPRD dan anggota DPRD Kukar serta jajaran pejabat di lingkungan pemerintah Kabupaten Kukar lainnya.

Erau merupakan berasal dari bahasa lokal atau daerah etnis Kutai dan disebut pula Eroh, yang berarti ramai, bergembira, berpesta ria yang dilaksanakan secara adat oleh kesultanan atau kerabat kerajaan dengan hajat tertentu dan diikuti oleh masyarakat umum dalam wilayah administratif kesultanan.

Ritual pembukaan Eroh ini digelar di Museum Mulawarman Tenggarong. Dengan berdirinya Tiang Ayu, hal tersebut menandakan pesta Erau adat Kutai resmi dibuka. Masyarakat Kukar bersuka cita selama beberapa hari dengan berbagai kegiatan-kegiatan tradisional yang telah disiapkan oleh pemerintah daerah, dalam mengisi Erau tersebut.

“Kami sangat menghargai kearifan lokal dimana kegiatan usaha hulu migas beroperasi. Pesta Erau ini menjadi harapan masyarakat Kukar dan kita semua agar kedepan situasi akan lebih baik lagi” Ujar Azhari.

Pesta Erau ini beberapa kali tidak digelar. Pesta Erau adat Kutai yang merupakan warisan budaya Kerajaan Kutai Kartanegara ing Martadipura ini sangat dinantikan oleh masyarakat Kukar. Tahun ini bisa diselenggarakan lagi, tentunya masyarakat menyambut kemeriahan pesta ini dengan suka cita, lantaran kegiatan tersebut sempat tertunda selama pandemi Covid-19.

Azhari mengungkapkan pesta Erau adat Kutai ini sebagai momentum untuk memperkenalkan budaya Kukar, baik dari pelaksanaan kegiatan Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura maupun adat istiadat masyarakat Kukar. Namun disisi lain diharapkan pergelaran Erau ini dapat menjadi sarana pendukung menggerakan perekonomian masyarakat.

“Melaui pesta Erau ini, semua lini bisa kembali semarak tumbuh. Selain tetap melestarikan nilai budaya-budaya lokal, Erau ini bisa memberi dampak positif pada sektor-sektor ekonomi masyarakat”harap Azhari.

Sejauh ini lanjutnya, kehadiran hulu migas di wilayah Kukar sudah berlangsung lama. Artinya kegiatan hulu migas ini dapat diterima baik dan bersanding dengan pemerintah daerah dan masyarakat sekitarnya. Kehadiran hulu migas selalu bersinergi dan berkolaborasi dengan program-prpogram pembangunan pemerintah daerah. Sehingga tak dipungkiri, kontribusi dari hulu migas bagi masyarakat Kukar dapat dirasakan hingga saat ini.

Related posts

Leave a Comment